by

Tips Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol

-Bisnis-283 views

Sebagian orang memang bermimpi menjadi pengusaha. Dan sukses. Tetapi, semua perlu kerja keras dan kegigihan.

Menjadi pengusaha itu bukan pelarian dari bosan menjadi pegawai. Tetapi membutuhkan komitmen. Karena, jika kondisi enak, maka enak juga. Tetapi, saat kondisi sulit, ia harus gigih mencari jalan keluar.

Nah, kalau saat sulit kemudian rasa bosan hinggap, maka akan sulit mendapat untung. Untuk itu, ada beberapa tips untuk menjadi pengusaha sukses dari nol.

Tips Bisnis untuk Pemula

  • Meyakinkan diri

Menjalankan usaha dengan setengah hati tidak tyahan lama. Bisanya, jika perlu berjuang, akan cenderung menyerah. Jadi, mantapkan hati terlebih dahulu sebelum memulai.

Menjadi pegawai bisa saja bosan. Tetapi bisa tetap dijalankan terus setiap hari dan digaji. Untuk menjadi pengusaha, tidak bisa begitu. Jika bosan, merusak suasana kerja dan membuat malas. Akhirnya keuntungan akan turun.

  • Fokus satu bisnis dahulu

Jangan menengak tengok kiri atau kanan. Yang harus diingat, Anda memilih bisnis yang sekarang karena kemarin melihatnya sebagai bisnis yang cerah.

Semua bisnis memiliki tantangannya tersendiri. Dan, semua itu tetap harusĀ  dijalani dan dilalui. Yang terlihat indah di ladang orang, mungkin belum kita kenal apa saja hama dan penyakit tanaman disana.

Hal penting lain, sangat perlu membuat bisnis kita stabil sebelum memulai yang bermacam – macam.

  • Mempersiapkan bisnis

Setelah yakin, kita bisa memulai dengan model bisnis apa yang kita jalankan. Misal membuat cafe indoor atau outdoor. Bergaya modern atau tradisional. Atau bisnis lainnya.

  • Berfikir dan berwawasan luas

Berfikir kreatif itu terdengar standar. Tetapi tetap saja sangat diperlukan. Berfikir Out Of The Box sangat perlu untuk memulai bisnis. Juga untuk mengatasi berbagai tantangan.

  • Visi dan misi yang jelas

Bisnia kita juga harus memiliki visi dan misi yang jelas. Apa yang hendak dituju. Juga, memerlukan inovasi dan fleksibilitas.

  • Mengatuir diri sendiri lebih terorganisasi

Menjadikan diri lebih terorganisasi sangat penting. Kita perlu mengatur atau mengorganisasikan bisnis kita. Karenanya, kita sendiri juga harus bisa mengatur diri sendiri sebelum mengatur yang diluar kita.

  • Membuat catatan

Kita perlu mencatat banyak hal. Mulai tips atau nasihat orang. Tempat atau nama penting. Ada juga lesson learnt yang sangat berguna dikemudian hari. Apa yang terjadi, tantangan apa saja. Dan bagaimana menyelesaikannya. Semua bisa menjadi pelajaran dan pengalaman bukan hanya bagi kita. Tetapi juga bagi orang lain.

  • Siap menghadapi kemungkinan terburuk

Bagaimanapaun juga, kita berharap yang terbaik. Tetapi mempersiapkan untuk yang terburuk. Ini adalah hal yang sangat biasa untuk bisnis. Jika hal terburuk terjadi, maka apa jalan keluarnya.

  • Terbuka terhadap kritik dan evaluasi

Kritik dan evaluasi sangat penting. Apalagi yang berasal dari pelanggan. Bagaimanapun tidak enaknya, tetapi barangkali ada sisi benarnya. Selalu ada hal yang bisa kita perbaiki dari bisnis kita.

  • Selalu belajar

Setiap proses juga merupakan proses untuk belajar. Banyak hal yang akan kita temui setiap hari. Bisnis kita akan naik dan juga, terkadang turun. Tetapi, jangan cepat puas saat naik. Juga jangan putus asa saat turun. Kita bisa bertanya kepada pebisnis yang lebih senior.

  • Berbisnis yang disukai

berbisnis yang disukai memberikan “daya tahan” yang lebih besar disaat sulit. Jika kita menyukai bisnisnya, maka komitmen kita juga akan semakin besar. Selain itu, saat menjalankannya juga akan terasa lebih santai. Semua ini sebenarnya bisa menambah produktifitas.

  • Berbisnis yang dikuasai

Jika bisnis yang disukai belum ketemu, atau mahal atau alasan lain. Bisa berbisnis yang dikuasai. Berbisnis yang dikuasi juga memudahkan. Kita tidak repot lagi untuk beradaptasi dan bisa perform lebih baik.

Mungkin juga, hobi atau hal lain yang kita sukai bukanlah bisnis yang menguntungkan. Yang pasarnya sedikit. Jadi, dibisniskan juga rawan rugi karena pasar kecil.

Berbisnis yang dikuasi, juga mengurangi usaha untuk memulai disaat awal.

  • Mempersiapkan modal

Modal juga perlu diatur dengan baik. Jika modal merupakan patungan, maka perjanjian hitam diatas putih menjadi sangat penting. Begitu juga, soal pembagian keuntungannya. Berdasar modal. Atau peran. Atau bagaimana menghitung peran dengan nilai uang. Jika tidak jelas, pastilah akhirnya menimbulkan ketidaknyamanan.

  • Melihat Peluang

Peluang selalu datang sebenarnya. Yang penting adalah bagaimana kita memanfaatkannya. Bahkan, jika memungkinkan kita juga bisa menciptakan peluang sendiri.

Untuk tahun – tahun ini, startup digital dan perdagangan online menjadi trend.

  • Menentukan target pasar

Target pasar merupakan hal penting. Jika membuat produk, siapa target spesifik kita. Berapa usia para pelanggan uang paling banyak. Apakah untuk 16 sd 0 tahun, atau untuk 30 tahun keatas.

Misalnya saja menjual sepatu, maka usia pasar target kita menjadi sangat penting disini. Gaya sepatu orang tua, mestinya akan jarang dipilih anak muda.

  • Mempersiapkan SDM

SDM yang baik bisa membantu pekerjaan Anda. Tetapi, yang buruk akan membebani perusahaan.

SDM yang baik bisa bekerja dan menyelesaikan masalah atau tantangan. Yang kurang baik, menambah masalah Anda.

  • memahami kompetisi

Kita uga perlu mengerti kompetisi di bisnis kita. Apa saja yang sebenarnya dicari atau disukai konsumen. Juga, apa saja hal baik yang dilakukan para pesaing kita.

  • Action

Berfikir tidak menyelesaikan masalah. Tetapi, dengan bekerja. Atau, dengan action. Ibaratnya, hal sederhana seperti mengganti ban bocor saja perlu dikerjakan. Bukan difikirkan bagaimana caranya.

Karena itulah, supaya memberikan hasil, semua rencana kita harus kita Action-kan.

Inilah sedikit tips memulai bisnis untuk pemula. Semoga bermanfaat dan salam sukses dan sehat selalu!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda membutuhkan jasa pembuatan website ? segera saja kontak lawang techno, lejitkan omset usaha anda dengan website dan rasakan ledakan profit bisnis anda

News Feed