by

Tips Cara Memulai Bisnis Sendiri yang Sukses

-Bisnis-175 views

Anda pastinya mengerti, tantangan berbisnis sebenarnya bukanlah modal. Tetapi, mempertahankan energi supaya tetap perform. Mempertahankan endurance atau daya tahan ini sangat penting. Meskipun banyak tantangannya, kita tetap harus mengatasi dan menghasilkan keuntungan.

Membuka usaha berbeda dengan bekerja sebagai karyawan. Istilahnya, karyawan mendapat gaji bulanan. Juga, bekerja sebagai karyawan sudah ada pekerjaan setiap harinya. Biasanya melakukan tugas yang diberikan.

Pemilik usaha agak berbeda. Ia harus membuat usaha untung jika tetap ingin lanjut. Jika rugi berkepanjangan, pastinya akan kehabisan napas.

Untuk membangun bisnis, ada proses yang perlu dilalui. Kita memulainya dengan memikirkan ide jenis usaha kita. Apakah berdasar hobi, atau berdasar apa yang kita kuasai. Atau lainnya.

Kemudian, kita juga harus membukla usaha, memperkenalkan usaha. Berpromosi dan banyak hal lainnya. Semua ini ada tantangannya baik dari dalam diri kita hingga dari luar.

Berbagai tantangan ini bisa menyebabkan pebisnis layu bahkan sebelum berkembang. Banyak juga yang stress karena usaha yang dibangun tidak segera tumbuh. Tidak segera mendapat penjualan yang layak. Padahal, dana serta tenaga sudah keluar banyak.

Akhirnya, selalu ada juga yang menyerah. Dan, usaha tidak pernah berhasil.Bahkan, menurut statistik. mayoritas pebisnis baru gagal saat pertama membuka bisnisnya.

Mayoritas, biasanya tidak bisa bertahan dengan tantangan yang ada.

Bagaimanapun juga, tantangan itu perlu dilewati jika kita memang ingin berhasil. Tetapi, endurance atau daya tahan ini bisa dilatih. Juga bisa dibangun. Saat ini, kita telah melihat banyak pengusaha yang sudah sukses membangun bisnis mereka. Mereka mampu bertahan dari berbagai proses yang tidak enak di masa lalu.

Tips Cara Memulai Bisnis Sendiri yang Sukses

Ada beberapa tips untuk membangun endurance bagi kita saat mengelola bisnis. Supaya tetap fokus dan mampu menyelesaikan berbagai tantangan yang ada.

Untuk membangun bisnis, kita harus memiliki beberapa hal.

  • Mempunyai mimpi besar

Mimpi yang besar mampu memindahkan gunung. Ini yang sering dikatakan orang. Pengaruh keinginan atau mimpi ini sangat kuat.

Saat memulai bisnis, maka cita – cita atau mimpi ini menjadi alasan utama untuk berbisnis. Berdasar harapan inilah kita bekerja dan berjuang mengatasi tantangan.

Mimpi ini, sebaiknya merupakan mimpi yang pantas untuk diperjuangkan. Yang layak atau mampu mengubah kehidupan kita. Jika tidak cukup kuat, maka akan mudah dikalahkan oleh keperluan jangka pendek yang terasa mendesak.

Sebenarnya, jika cita cita kita layak untuk diperjuangkan. Kita akan lebih fokus. Saat berada dalam kesulitan, mimpilah yang membuat kita mencari jalan keluar. Mimpi ini adalah benteng terakhir.

Sekarang, kita bisa berlatih. Tuliskan mimpi kita di secarik kertas. Mimpi ini mesti spesifik dan jelas. Kemudian, bisa kita baca setiap hari. Atau kita tempelkan di tempat yang mudah kita lihat. Dengan cara ini, maka ciota – cita ini akan menyatu di dalam diri kita. Dan diharapkan akan mengakar dengan kuat di dalam diri kita.

  • Berkerja dengan passion

Bekerja dengan dasar cinta kepada apa yang dikerjakan hasilnya akan berbeda. Secara naluriah, tumbuh keinginan memberikan yang terbaik. Bahasa lainnya, kita bersedia melakukan hal itu bahkan tanpa dibayar.

Passion juga merupakan hal penting jika bisnis secara keuangan kurang baik. Kita tetap bekerja dengan baik. Karena kita memang menyukainya. Tetap memberikan kualiatas pada pekerjaan kita. Konsistensi semacam ini, pada akhirnya akan diapresiasi banyak orang.

Anda pernah mendengar, misalnya saat kendaraan mogok di malam hari. Maka, ada saja bengkel yang mematok jauh lebih mahal untuk tarif perbaikannya. Tetapi, yang bekerja dengan passion belum tentu begitu. Bisa saja harga lebih mahal karena harus bekerja malam hari. tetapi, bisa juga malah ada diskon karena kasihan dan ingin menolong.

Bekerja dengan passion juga terasa dampaknya bagi orang lain. Misalnya, Google awalnya menyediakan mesin pencari gratis untuk banyak orang. Mereka, akhirnya tumbuh dengan cepat karena banyak orang merasa terbantu.

Hingga kini, masih banyak fasilitas Google yang gratis. Dan, penggunanya juga semakin banyak saja.

Jika kita punya passion, kita cenderung lebih memperhatikan kepuasan orang lain yang menggunakan. Jadi, apapun yang kita buat, secara alamiah akan cenderung lebih menyelesaikan masalah orang lain juga.

  • Belajar dengan orang sukses

Belajar dengan orang sukses Belajar dari mereka minimal mengajarkan 2 hal. Kegigihan dan sikap positif. Kita akan belajar bahwa kita perlu terus maju meskipun banyak halangan di depan.

Orang sukses pernah melewati titik kita sekarang. Bahkan, mereka mungkin memulainya dari titik lebih bawah lagi.

Bayangkan saja mendaki gunung, jika berhenti sebelum kepuncak, maka tidak pernah sampai puncak juga.

Kehadiran orang sukses ini memberikan kita pelajaran, inspirasi atau juga bisa ide – ide. Dan, juga memberikan semangat atau dorongan. Mereka tidak akan menjatuhkan semangat kita. Bisa jadi, mereka memberikan kritik. Tetapi, orang besar tidak akan menganggap mimpi besar sebagai tidak mungkin dicapai.

  • Berteman dengan orang sukses

Teman juga memberikan semangat dan warna untuk hidup kita. Mereka yang sukses tidak akan melemahkan usaha kita. Sebaliknya, mereka juga mwngerti pentingnya bersemangat atau giugih berusaha.

Selain itu, berteman dengan orang suksaes membiasakan kita untuk hidup lebih baik. bahkan dalam hal – hal kecil sperti datang 5 menit sebelun janjian. Atau memiliki inisiatif lebih tinggi. Misalnya mematikan keran yang menyala tetapi tidak dipergunakan.

  • Dukungan keluarga

Keluarga adalah orang – orang pertama yang kita memiliki tanggung jawab. Jika terjadi sesuatu yang kuarng baik, maka mereka juga terpengaruh. Karena itulah, penting untuk mendapat dukungan keluarga.

Saat kondisi tertekan, keluarga yang sejak awal mendukung akan bersikap berbeda. Dukungan bisa tetap diberikan. Untuk keluarga yang tidak mendukung, kesulitan akan menjadi sumber keluhan.

Padahal, memulai bisnis itu awalnya hampir pasti tidak terlelu mudah dijalani. Apalagi, jika kita berubah dari pegawai menjadi pebisnis.

Akan ada perubahan dalam hidup kita. Yang utama adalah, penghasilan akan naik turun. Jika memang sudah banyak mungkin tidak masalah. Tetapi jika masih sekitar penghasilan saat menjadi pegawai, bisa menjadi masalah.

Kita juga perlu terbuka menjelaskan tentang bisnis yang dijalani. Tentang operasional. Juga tentang pilihan – pilihan lain yang kita ambil.

Keluarga perlu mengerti konsekuensi atas sesuatu hal jika terjadi kekurangan atau kesalahan. Dan, juga dampaknya secara langsung bagi keuangan keluarga.

Sebuah bisnis itu yang besar pasti menghadapi banyak tantangan. Tetapi, yang berhenti juga akan berhenti sampai disana saja. Mereka tidak tumbuh lagi. Kita, tidak mau seperti itu.

Keluarga, juga bisa membuat bisnis berhenti. Terutama jika bisnis ini memang belum direstui oleh keluarga. Sedikit kesulitan sudah cukup memberikan tantangan untuk berhenti.

  • Strategi Menghadapi Persaingan

Pertanyaan yang sering diajukan, bagaimana jika ada yang membuat usaha serupa disamping kita? Bagaimana strategi kita untuk tetap memimpin pasar?

Ini adalah pertanyaan yangs ering diajukan orang.

Bagaimana jika lapak sebelah menawarkan harag lebih rendah?

Menerimanya. Persaingan itu akan terus ada. Karena itulah. Tetap saja kita terima persaingan dan memberikan tawaran yang lebih baik. Minimal layanan yang lebih baik.

Memperbaiki. Kita perlu memperbaiki hal – hal yang kurang baik dalam layanan atu produk kita.

Kesempatan. Pesaing ini ada karena minimal mereka tahu potensi pasar masih besar. Karena itulah, mereka juga berniat mengambilnya.

Bagi kita, ini artinya kesempatan justru bisa jadi masih lebih banyak lagi. Jadi, kita bisa mengelola pasar yang berbeda. Misal, jika membuka warung, maka bisa menawarkan catering juga sekalian.

Inilah beberapa tips untuk memulai bisnis yang sukses. Semoga bermanfaat dan salam sehat dan sukses selalu!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda membutuhkan jasa pembuatan website ? segera saja kontak lawang techno, lejitkan omset usaha anda dengan website dan rasakan ledakan profit bisnis anda

News Feed