by

Kunci Sukses Mengembangkan Bisnis

-Bisnis-201 views

Modal memang bukan satu – satunya faktor untuk sukses bisnis. Banyak orang yang memulainya dengan modal terbatas. Yang lebih penting, memang kreatifitas mengatasi keterbatasan serta tekad yang kuat.

Kunci Sukses Mengembangkan Bisnis

Secara khusus, ada beberapa tips yang bisa dikerjakan jika ingin menjadi pengusaha sukses.

  • Selesaikan apa yang dimulai

Bagaimana memulai sesuatu tetapi tidak diselesaikan? Itu namanya membuang waktu. Juga membuang uang. Memang terkadang ada tantangan di tengah jalan.

Mahasiswa yang akan skripsi, kemudian komputernya rusak hardisknya. Maka data bisa hilang. Tetapi, jika berhenti, ia tidak akan lulus.

Mengulang skripsi memang mungkin tidak mudah. Tetapi, mengulang yang kedua jauuuh lebih mudah daripada yang pertama. Itu pasti. Jadi, tidak ada alasan untuk berhenti.

Ada juga, orang yang takut memulai. Tetapi, jika tidak dimulai, maka peluang gagal adalah 100%. Jika tetap dimulai, maka hasil akhirnya tetap akan sangat berbeda dibandingkan jika tidak mulai sama sekali.

  • Memiliki priotitas yang benar

Menyelesaikan pekerjaan berdasar prioritas. Prioritas juga perlu kita tempatkan dalam berinvestasi, berbelanja serta hal lainnya.

Jika sudah berbicara gengsi, maka prioritas bisa buyar. Selain itu, ketidaktahuan juga akan membuat kita tidak bisa memiliki prioritas yang benar. Karena itulah, kita memang harus mau untuk selalu belajar.

  • Kerja keras

Ada waktunya dimana kerja keras tidak bisa digantikan lainnya. Ibarat kita ingin bisa lari marathon, kita harus bekerja keras. Tetap berlatih hingga bisa lari marathon 42 KM.

Ini adalah kerja keras yang tidak bisa digantikan fasilitas. Bisa saja kita diberi sepatu lari paling nyaman dan awet. Tetapi, tetap saja harus lari. Lari hingga menempuh 42 KM.

  • Kerja cerdas

Ada mahasiswa, saat menunggu panggilan kerja setelah lulus, ia berbisnis. Bisnisnya adalah, membeli makanan ringan. Ia membeli dalam jumlah banyak. Kemudian dikemas dengan kemasan kecil tetapi lebih mewah. Diberi merk dan dijual lebih mahal.

Makanan ini dititipkan ke berbagai tempat. Ia tidak perlu memasak sendiri. Tetapi sudah punya bisnis. Yang dilakukannya hanya mengemas ulang.

Kalau contoh orang besar, saat Fadel Mohammad memulai bisnis. Ia membeli chasis truk Toyota. Kemudian memasang tangki dan pompa. Dan, dicat merah. Jadilah mobil pemadam kebakaran.

Pada saat ia berbisnis mobil pemadam ini, mobil pemadam kebakaran jaman itu perlu impor utuh dari Jepang. Akhirnya, mobil Fadel Mohammad laku. Dan Semakin lama menjadi pengusaha besar.

  • Jangan mencampur uang pribadi dan bisnis

Kita harus bisa menghitung secara tepat berapa uang yang kita belanjakan. Berapa yang kita terima. Juga pengeluaran lainnya.

Jika mengambil uang dari perusahaan, maka perlu dicatat. Juga keperluannya. Selain itu, sebagai pemilik sebaiknya hanya mengambil uang “gaji” untuk pemilik saja. Keuntungan lainnya, bisa dicatat terpisah dari pendapatan pribadi.

Meskipun pada akhirnya uang ini milik Anda, tetapi perlu memiliki catatan yang akurat soal keuangan.

  • Tidak menyerah

Berhenti itu artinya tidak maju. Jika berhenti, maka level kita juga tidak bertambah dari titik berhenti itu. Padahal, yang ingin dicapai lebih jauh lagi.

  • Berintegritas

Orang berintegritas adalah orang yang dicai banyak orang lainnya. Jika kita berintegritas, orang lain tidak takut berbisnis dengan kita.

  • Tekad yang kuat

Salah satu hal penting adalah berani dalam mengambil keputusan dan menjalaninya. Juga, berani menghadapi yang terburuk.

Semua ini perlu tekad kuat jika ingin tetap maju meskipun kendisi sedang tertekan.

  • Belajar dari pengalaman

Pengalaman adalah hal yang sangat penting. Bahkan disebut sebagai guru yang terbaik. Pengalaman bisa sangat berbeda dibandingkan teori. Tetapi, pengalaman itu adalah hal yang nyata. Karena itulah, sangat dibutuhkan oleh siapapun.

  • Tetap menggunakan dan mengembangkan kelebihan kita

Kelebihan kita merupakan hal yang paling mudah kita pergunakan. Juga mungkin yang paling menghasilkan secara ekonomi. Karenanya, kita perlu terus kembangkan.

Mengembangkan kelebihan ini juga akan terasa lebih ringan. Dibanding mengembangkan sisi lain yang mungkin kurang.

Bukan berarti kita tidak perlu memperbaiki kekurangan. Tetapi kelebihan yang semakin tajam juga akn lebih mahal harganya.

  • Tetap mengembangkan diri

Secara umum, kita harus selalu belajar dan mengembangkan diri. Ini adalah hal yang harus dilakukan. Disepanjang jalan berbisnis, kita pasti mengamati perubahan. Juga bisa menebak arah berubahnya. Karena itu, kita persiapkan diri kita untuk mampu mengatasi perubahan.

Apa yang diminta, dibutuhkan pelanggan juga mungkin berubah. Juga, pesaing kita mungkin menggunakan teknologi yang lebih maju. Karena itulah, kita harus siap untuk selalu mengembangkan diri kita. Salam sehat dan sukses selalu!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda membutuhkan jasa pembuatan website ? segera saja kontak lawang techno, lejitkan omset usaha anda dengan website dan rasakan ledakan profit bisnis anda

News Feed