by

Instagram Marketing untuk Usaha Kecil dan Menengah

-Bisnis-174 views

Instagram marketing adalah keahlian baru yang arus dikuasai di jaman internet. Tahukah Anda, 170 juta lebih orang Indonesia sudah online?

Pasar sebesar ini sebagian ada di media sosial termasuk ada di IG. Sebagian lagi ada di Google. Semua tergantung jenis produk atau layanan Anda.

Karena mereka ada di mana – mana, maka kuta sebaiknya juga ada dimana – mana di dunia online.

Instagram, merupakan salah satu media sosial yang terkenal. Yang banyak penggunanya. Dan berbasis visual. Promosi kita bisa tampil lebih menarik jika barang – barrang kita cocok untuk dipajang secar visual. Misalnya, baju, fashion, mobil, aksesori kendaraan dan lainnya.

Untuk bisnis darurat, misalnya jasa Service HP atau Sedot WC, peminat banyak mencari dari Google. Jadi, menggunakan website untuk berpromosi akan lebih baik.

Selain itu, meski website tampak “Wajib” dimiliki kantor pengacara, kantor akuntan dan lainnya. Tetapi memiliki Instagram juga sangat penting. Begitu juga dengan memiliki akun Facebook.

Instagram saat ini memiliki Engagement Rate atau Anga keterlibatan pengunjung yang paling besar. Dibandingkan dengan Medsos lain. Jadi, berpromosi di IG, jika bagus, akan banyak follower. Juga banyak terjadi diskusi. Dan akhirnya, penjualan.

Sekarang, bagaimana membuat akun Instagram menjadi alat pemasaran yang lebih efektif. Bukan sekedar tempat tampil. Tetapi tumbuh menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

Instagram adalah platform promosi yang cocok untuk UMKM. Platform ini memberikan ruang berpromosi lebih luas. Gratis, bisa menjangkau banyak tempat. Dan, cara mengelolanya tidak terlalu sulit.

Juga, pengelolaannya tergolong murah. Modal data internet sudah bisa berjalan.

Apa itu Instagram?

Adalah platform untuk berbagi foro dan video secara gratis. “Picture speaks a thousand words.” Inilah keyakinan IG.

Indonesia, termasuk negara dimana masyarakatnya menyukai pesan visual. Masyarakat suka mengikuti akun – akun dengan foto bagus, juga dengan video bagus.

Mengapa usaha kecil memerlukan Instagram?

Ada banyak alasan mengapa UMKM memerlukan IG.

  • Medsos Paling Terkenal

Instagram awalnya berguna untuk membagi foto. Karenanya, formatnya juga cocok untuk keperluan itu. Dilain pihak, orang lebih menyukai foto dan video daridapa text. Sehingga iG lebih cepat populer dibanding Facebook atau Twitter.

Untuk masyarakat Indonesia, platform seperti Instagram juga lebih cocok untuk berpromosi daripada platform lainnya.

  • Gratis

Instagram tidak perlu bayaran. Kita bisa bergabung hanya bermodalkan HP dan kuota internet saja.

  • Membuat akun Mudah

Membuat akun Instagram juga mudah. Tidak memerlukan cara khusus atau kemahiran tertentu.

Kita hanya memerlukan email. Membuat email juga mudah. Kemudian, tinggal mengisi form yang dibutuhkan. Dan, selesai.

  • Terintegrasi Facebook

Instagram dan Facebook pemiliknya sama. Karena itulah, kedua akun bisa diintegrasikan. Tetapi, secara pribadi, boleh juga menolak tawaran integrasi akun FB dan IG. Terutama jika penggunaannya berbeda. Karena, jika sudah diintegrasikan, maka tidak bisa diputuskan lagi. Kecuali, menghapus permanen salah satu akun yang ada.

Karena itulah, pengusaha kecil juga seharusnya menggunakan IG untuk berpromosi. Mudah dikerjakan, gratis serta merupakan tempat dimana pasar kita juga banyak berkumpul.

Tetapi, karena gratis dan mudah untuk mendaftar, pasaing juga sangat banyak. Karena itulah, perlu strategi khusus juga untuk mengambil potongan kue yang lumayan besar.

Apakah Instagram Marketing?

Adalah model pemasaran menggunakan Instagram. Untuk mengedukasi konsumen, menjual serta meningkatkan penjualan produk.

Instagram sendiri memiliki karakter dan karakter pengguna berbeda dari media lain. Karenanya, cara kerja pltform ini perlu dimengerti.

Seperti halnya WhatsApp, sebaiknya menggunakan akun bisnis untuk IG. Akun bisnis WA mungkin gampang kena banned kalau berbagi post secara massal dan dilaporkan.

Tetapi, akun IG bisnis punya tracking dan tools untuk analytic. Kita bisa membuat analisa follower. Juga melihat kinarja breand atau merk kita.

Hal lain yang bisa ( harus ) dicantumkan adalah. Bio atau identitas yang jelas. Juga alamat serta website dan Call To Action atau ( CTA ).

Algoritma Instagram

Algoritma adalah logika komputer yang digunakan untuk menjalankan Instagram. Untuk cara kerja Instagram, caranya berbeda dibanding dengan Google. Beberapa, mirip dengan Google. Tetapi agak berbeda juga.

  • Engagement

Interaksi. Interaksi yang semakin banyak dengan IG kita artinya like dan share yang lebbih banyak. Artinya rangking posting yang lebih baik posisi rangkingnya di beranda IG.

  • Speed of Engagement

Semakin cepat interaksinya, maka makin tinggi juga rangkin kita di beranda IG.

  • Recency

Posting terbaru lebih mudah mendapat rangking daripada posting lama. Jadi, seperti juga Google yang suka cara ini, kita bisa posting teratur setiap hari. Ya, memang tidak perlu setiap saat niat jualan. Mungkin diselingi hal – hal lain juga.

Sekarang, jika kita tahu apa algoritmanya, kita bisa membuat aktifitas tergantung prioritas. Yang penting misalnya, membuat posting teratur. Supaya selalu ada posting baru.

Untuk meningkatkan engagement.

ada beberapa langkah untuk melakukannya.

  • Membuat kuiz.

Kuis dengan hadiah yang tidak usah terlalu besar. Tetapi bisa dibagi atau layak dikirimkan. Apalagi jika pemenang yang membayar biaya pengiriman.

  • Membuat pertanyaan yang memicu komentar.
  • Posting di jam ramai online.

Analyic Instagram Anda akan menunjukkan kapan waktu ramai akun Anda. Jika belum banyak statistik, maka menurut penelitian, posting di hari selasa.

  • Menjawab komentar

Menjawab komentar pastilah meningkatkan engagement. Juga, menjalin komunikasi yang lebih baik dengan pengunjung.

Cara Menambah Followers Instagram

Cara paling efisien untuk berpromosi di Instagram adalah dengan menambah follower. Follower adalah mereka yang mengikuti akun kita. Jika kita posting konten baru, maka konten ini akan muncul diberanda follower kita.

Cara yang baik meningkatka follower adalah dengan cara alami atau organik.Membeli, bisa meningkatkan follower. Tetapi, jangat berfikir hasilnya akan tahan lama atau bagus.

  • Update konten secara teratur

Update konten teratur adalah salah satu kunci. Di algoritma, cara ini manjur. Untuk follower, hal ini menandakan bahwa IG kita aktif. Dan, benar – benar dikelola setiap hari. Jadi, bisnis yang ditawarkan juga akan diyakini berjalan setiap harinya.

  • Menggunakan #Hastag dalam posting

IG mengelopokkan posting kita berdasar hastag yang kita buat. Hastag ini, fungsinya mirip kata kunci untuk Google.

  • Akun IG tidak boleh privat

Jika diprivat, maka bagaimana orang lain bisa melihat akun kita? Jadi, kita biarkan mereka melihatnya. Dan berbelanja di toko kita.

Jika mereka harus menunggu konfirmasi, maka akan lebih susah lagi untuk mau membuka IG kita. Biasanya, sudah akan ditinggal mencari yang lain. Orang, biasanya akan terikat atau mau subscribe, menunggu konfirmasi atau lainnya jika memang yang kita tawarkan sudah diketahui bagus. Jika melihat saja belum, yah, jangan terlalu berharap.

  • Membuat caption menarik

Kita perlu membuat caption yang inspiratif, bijak atau lucu. Cara ini bisa menarik perhatian orang dan menambah follower.

  • Berinteraksi dengan follower

Karena ini sosial media, kita sangat perlu membangun interaksi dengan followers. Yang sering dilakukan, misalnya mengomentari komentar yang masuk. Yang penting, dollower harus merasa diperhatikan oleh kita dan tidak dibeda – bedakan.

  • Cross posting

Kita bisa menghubungkan posting kita di FB dan juga Twitter. Posting di IG akan posting juga di FB dan Twitter secara otomatis.

Tips Menulis Caption di Instagram

Caption adalah komentar di foto atau video yang kita posting di Instagram. Komentar ini haruslah mengena, catchy dan juga sebisa mungkin, mudah diingat isinya.

Caption ini adalah keterangan sebuah foto atau video. Tetapi lebih dari itu. Caption bisa dibuat menarik dan juga mengundang untuk dibagikan lebih banyak lagi.

Sebagai tambahan, kita juga bisa menempatkan Call To Action atau CTA di dalam caption. CTA ini adalah konversi yang kita harapkan. Misal berlangganan, atau membeli.

  • Isi caption sesuai isi gambar atau video.

Caption memang mewakili gambar atau video. Harus dibuat sesuai atau relevan.

  • Menggunakan hashtag # 

Hastag yang sesuai dengan “kata kunci” produk atau jasa Anda. Juga gunakan hastag merk Anda.

  • Tulis ‘Pertanyaan’ 

Bisa juga menulis diskon,

  • Testimoni atau quotes

Testimonial sesuai produk atau layanan kita.

  • Menggunakan Call To Action

Mendorong pembelian atau konversi lain yang diharapkan.

  • Kalimat awal di caption harus bagus

Pastikan pesan utama sampai dengan cara yang menarik. Selanjutnya pengunjung akan mau membaca yang berikutnya.

  • Menggunakan  huruf besar, bold, kalimat dengan pertanyaan atau emojis 

Bisa membuat bagian yang dipentingkan, tekanan dan sebagainya.

  • Bagi kalimat dalam beberapa paragraf

Bagi pengunjung dengan HP, penting membaca kalimat pendek. Jika terlalu panjang, maka akan sulit dibaca danmungkin ditinggal begitu saja.

Cara Membuat Hashtag

Saat mencari di IG, pengunjung menggunakan kata kunci. IG akan menggunakan hastag untuk melihat kata kunci tersebut. Apakah sebuah posting sesuai atau tidak. Jadi, adanya hastag bisa digunakan untuk mmenentukan posting apakah itu. Karenanya, menjadi sangat penting untuk dipergunakan.

Jika menggunakan hastag, maka posting kita muncul di (1) Instagram feed posts; (2) Instagram stories dan (3) IGTV.

Untuk Instagram sendiri, pencarian dengan hastag akan ada hasil dalam 2 jendela. Yaitu post populer ( top ) dan Post Terkini atau Recent Post.

Untuk yang muncul lebih dahulu, adalah post populer.

  • Hastag relevan

Untuk jumlah hastag, bisa mencapai 30 buah. Tetapi, jangat terkesan Spam juga. Yang efektif adalah hastag yang relevan. Jika ditambah – tambah, mungkin pengunjung juga ada tambahan. Tetapi post penuh hastag akhirnya mengganggu pengunjung. Dan, belum tentu ia benar – benar tertarik jika hastag kita agak ngaco.

  • Riset hastag Populer

Kita perlu mengetahui hastag yang populer sekarang. Terutama untuk jasa atu produk yang kita jual. hal ini meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan pengunjung.

  • Menggunakan Hastag Merk Kita

Brand kita perlu kita kenalkan. Salah satu caranya adalah dengan membuat hastag sesuai brand kita.

Cara menjual di Instagram

Bagaimana cara menjual di Instagram? Ini adalah beberapa cara untuk menjual di Instagram. Yah, kesimpulan dari berbagai artikel diatas. Juga merupakan kesimpulan setelah membaca dan ikut menjual di IG.

  • Menggunakan akun bisnis

Akun pribadi dan akun bisnis jangan dicampur. Sebaiknya menggunakan akun bisnis dengan fasilitas yang lebih baik.

Untuk menggunakan akun bisnis, juga mudah. Kita tinggal “Switch to Bussiness Account.”

Untuk syarat lainnya, sudah ada akun Facebook dan fanpage Facebook.

  • Target audience jelas

Anda mestinya membuat segmen, positioning dan targeting untuk produk Anda.

Misalnya, fashion khsus untuk karyawan muda. Usia 25 sd 30 tahun. Baju formal dan non formal. Harga bersahabat untuk karyawan. Lebih mahal dan bergengsi dibanding produk untuk mahasiswa. Tetapi, tetap tidak terlalu mahal seperti produk kelas atas.

Segmentasi yang jelas membuat kita bisa beriklan lebih mudah. Membuat konten yang lebih sesuai dan sebagainya.

  • Menguasai cara iklan Instagram Ads

Menggunakan IG secara gratis boleh – boleh saja. Tetapi, beriklan akan mempercepat produk kita terkenal. Dan, juga mempercepat penjualan. Karenanya, kita tetap harus memahami cara beriklan yang benar di IG. ( juga cara beriklan yang benar di FB dan Google Ads ).

  • Membangun Followers

Membangun perlu dibangun secara organik. Jangan membeli follower. Itu karena mereka kurang berkualitas. Kecuali, Anda hanya ingin mendapat nama lebih dahulu.

  • Belajar di Instagram

Kita bisa belajar cara orang posting, cara orang menulis caption dan sebagainya di IG juga. Terutama, belajar dari mereka yang sudah sukses marketingnya di IG.

  • Produk menarik

Minimal, buat produk Anda terlihat menarik. Jika produk Anda sama dengan orang lain, gunakan foto yang lebih menarik.

Misalnya, untuk kedai kopi Anda, bisa membuat cangkir kopi yang keren. Yang layak dipajang di IG. Juga, beberapa sudut yang layak untuk selfie.

  • Konten berkualitas

Mungkin, kita perlu memikirkan tentang posting lebih matang lagi. Bagaimana foto yang berkesan. Video yang berkesan. Kata – kata yang diucapkan. Juga captionnya. Pastikan membuat pengunjung merasa bahwa itu semua keren.

Bagaimanapun juga, yang mendapat follower di IG adalah yang dianggap keren.

  • Kolaborasi dengan Konsumen

Konsumen bisa ikut posting di IG mereka dengan produk Anda. Mungkin diberi insentif diskon. Bisa juga misalnya coffe shop Anda memposting cangkir khusus buatan kerajinan tertentu. Kemudian, kerajinan tadi memposting bahwa cangkirnya digunakan di Coffee shop Anda.

Hal semacam ini akan menambah jaringan pemasaran. Juga memperluas pasar.

  • Mengadakan kontes

Mengadakan kontes merupakan salah satu cara menarik konsumen baru. Atau, mempertahankan konsumen lama.

Kontes juga memperkenalkan merk atau brand kita lebih jauh lagi. Biasanya, penyelenggara kontes meminta peserta untuk membagi posting penyelenggara di IG masing – masing. Atau, tugas lainnya.

Kesimpulan

Instagram saat ini merupakan platform medsos paling terkenal. Dan paling besar san cepat pertumbuhannya.

Trend masa kini, sangat banyak orang yang sudah online. Dan dimasa depan, akan semakin banyak lagi yang online. Karena itulah, berpromosi lewat internet bukan sekedar mengejar gengsi. Tetapi kebutuhan. Tanpa online, maka orang lain yang akan mengambil konsumen kita.

Saat ini, sudah banyak UMKM yang berpromosi lewat Instagram. Juga besar karena Instagram. Ada UMKM yang memang tumbuh berkat Instagram. Ada yang memulainya dari nol saat mereka baru mulai. Hingga mendapatkan pelanggan yang rela antre setiap hari.

Menguasi cara berkomunikasi di Instagram membuat kita bisa menjual lebih banyak. Skill ini bisa diaplikasikan untuk mengkomunikasikan produk yang kita jual.

Selain itu, menguasai cara beriklan di Instargram juga mempercepat penjualan kita. Bagaimanapun juga, iklan kita akan lebih cepat menyebar daripada dengan cara alami atau organik.

Jika iklan dilakukan dengan benar, maka akan lebih cepat memberikan keuntungan.

Mencoba merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman. Jangan khawatir untuk mencoba. Yang penting, kita menjaga kualitas setiap pekerjaan kita. Jika gagalpun, tetap banyak pengalaman yang kita peroleh untuk kedepannya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda membutuhkan jasa pembuatan website ? segera saja kontak lawang techno, lejitkan omset usaha anda dengan website dan rasakan ledakan profit bisnis anda

News Feed