by

Cara Mendapat Uang Tambahan Tanpa Harus ke Kantor

-Bisnis-268 views

Freelance atau kerja lepas mungkin menawarkan fleksibilitas. Tetapi, cara menjalaninya harus dengan cara yang benar. Jika tidak fokus, maka kemungkinan gagal memndapatkan penghasilan lebih besar. Di kantor, pekerjaan kita akan diawasi. Juga, ditarget. Tetapi, pekerjaan freelance perlu disiplin supaya berhasil.
Selain fokus, ada hal – hal lain yang perlu dijalani supaya pekerjaan freelance bisa berhasil dengan baik.

Mengenali Keahlian

Kita perlu mengetahui keahlian kita. Apa kekurangannya dan selalu memperbaikinya. Sebelumnya, pastikan kompetensi kita bisa dan layak dijual. Kapasitas untuk menjadi desainer, editor video atau fotografer sudah bagus. Kualitas tidak mengecewakan konsumen.
Memang benar, bahwa bertindak dahulu atau ambil action itu penting. Karena, dari sinilah semua dimulai. Tetapi, misalnya. Jika ingin menjadi interpreter atau penerjemah lisan, pastinya berbicara bahasa asing harus lancar. Jika mendengar orang asing berbicara masih belum nyambung, ya akhirnya belum akan dipakai orang. Atau, bisa mendapat review yang buruk dan merusak reputasi untuk jangka panjang.

Mengenali Klien

Setelah mengenali nilai keahlian kita, kita mulai dengan mengenali klien. Apakah kita siap menjadi penerjemah lisan di pengadilan atau kontrak? Dengan semua implikasi hukum yang ada. Atau penerjemah untuk text saja.

Kemudian, apakah kita juga mengincar klien perusahaan internasional? Atau mengincar klien mahasiswa yang menulis skripsi. Nanti, setelah lebih ahli, akan naik untuk mencari klien para profesional.

Semua hal ini juga berhubungan dengan tarif yang kita minta. Penerjemah lisan untuk negosiasi kontrak perusahaan besar bisa puluhan juta harganya sekali kerja. Tetapi, jika untuk skripsi, maka hitungannya juga jauh lebih kecil.

Mematok Harga yang Sesuai

Jangan biarkan orang mendikte Anda. Tetapi, berikan harga yang layak untuk keahlian dan diri Anda. Yang paling enak, memang memakai tarif yang tengah. Sesuai keahlian, misalnya rentang tarif antara 2 juta sd 3 juta, Maka bisa memilih yang 2,5 juta.

Menyiapkan portofolio

Poertofolio inilah yang akan dilihat orang. Jadi, Anda juga perlu membuat web portofolio, akun IG dan juga FB. Jika mau lengkap, bisa menggunakan juga akun Twitter dan Linkdln.

Semua medsos ini ada pasar untuk kita. Semua berprotensi mendapatkan penjualan. Jadi, jangan disia – siakan kesempatan yang ada.

Inilah sedikit tips supaya pekerjaan freelance bisa benar – benar menghasilkan uang. Semoga bermanfaat dan salam sehat dan sukses selalu!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda membutuhkan jasa pembuatan website ? segera saja kontak lawang techno, lejitkan omset usaha anda dengan website dan rasakan ledakan profit bisnis anda

News Feed