by

Cara Mencari Uang dengan Google Adsense

-Bisnis-184 views

Apakah cara mencari uang dengan Google Adsense masih relevan? Masih. Baik lewat Youtube atau blog / website.

Cara mendapatkan uang dari internet, cara mencari uang gratis dari internet. Ini adalah pencarian yang banyak dilakukan di internet. Termasuk, cara mendapat uang dari Google , tanpa Paypal dengan modal internet.

Salah satu cara untuk mendapat uang tanpa modal di internet adalah menggunakan Google Adsense. Kita juga tidak perlu Paypal untuk menerima pembayaran. Ya, mungkin perlu membuat website. Tetapi, tidak mahal – mahal amat juga.

Apakah Google Adsense?

Bagaimana cara Adsense ini mendapatkan uang. Dan bisa bermanfaat untuk kita. Apa cara yang baik untuk mendapatkan uang dengan Google Adsense?

Sekarang ini, untuk membuat Youtube dan ada adsense-nya, mungkin banyak yang sudah membuat tutorialnya.

Sementara ini, ini adalah tutorial untuk mendapat penghasilan dari Adsense dengan website atau blog.

Adsense sendiri merupakan iklan yang muncul di sebuah website. Atau di sebuah video di Youtube. Iklan ini milik orang atau perusahaan. Mereka beriklan di Google Ads. Atau Google Adwords pada jaman dulu.

Jika mereka beriklan dengan Google Ads, maka iklan mereka bisa tampil di website kita. Jika di-klik orang, kita mendapatkan fee. Besarnya 60 persen lebih nilai kliknya.

Jadi, penghasilan iklan adsense ini bisa lumayan besar juga.

Mengapa menggunakan Google Adsense?

Ada beberapa alasan untuk menggunakan Google Adsense. Yang utama diantaranya adalah:

  • Gratis

Kita mendaftar gratis untuk diterima di program Adsense. Tidak ada bayaran apapaun. Bahkan, saat mengirim uang, Google juga tidak memotong gaji kita.

Ada beberapa program mencari uang online yang harus membayar saat mendaftar. Tetapi, yang biasanya dikelola perusahaan besar dan valid justru gratis.

Memang ada beberapa platform iklan yang memiliki syarat berat. Tetapi, tetap saja gratis. Misalnya pengunjung sejumlah 500.000 orang sebulan. Itupun dengan embel – embel persyaratan lain. Termasuk asal pengunjung, kualitas konten dan sebagainya.

Tetapi, mereka memang membayar lebih besar dari Adsense. Dan, mencari website sekualitas “majalah online” yang boleh menampilkan iklan mereka.

Untuk Google Adsense, ada juga aturan yang harus dipenuhi. Aturannya ada di Term Of Service 9 TOS ) Adsense sendiri.

Saran saya, Anda membaca semuanya. Ya, semua bacaan panjang dan membosankan itu harus diteliti dan diikuti.

Google, mungkin melakukan review dengan orang asli saat akan membayar. Jadi, Anda harus pastikan semua aturannya dipenuhi.

Misalnya saja, ada produk tertentu yang tidak boleh tampil di negara tertentu. Atau untuk pengiklan di negara tertentu. Nah, jika gambar Anda gambar rumah, kemudian ada gambar selebaran ikaln produk terlarang itu di dinding, Anda mungkin kena masalah lho. Jadi, jangan mengambil resiko. Ikuti semua aturan yang ada dan baca semua aturannya dengan detail.

  • Potensi pasar digital

Ada 170 juta orang Indonesia online. Banyak? Apalagi di dunia. Jumlah masyarakat yang online milyaran. Entah dengan HP. Entah dengan laptop. Semua ini merupakan potensi pengunjung website kita.

Juga merupakan potensi untuk mendapat klik iklan. Semakin banyak, semakin besar penghasilan kita.

Untuk pasar Indonesia sendiri, ada pasar besar di iklan online Google. Pada jaman dahulu, perusahaan masih malas beriklan di Google. Juga, harga iklan masih murah hanya puluhan rupiah. Kini, harga iklan per klik lebih tinggi. Semakin banyak perusahaan yang beriklan, tidak hanya perusahaan besar.

Mereka mengerti, betapa berharganya iklan Google ini untuk meningkatkan merk mereka.

  • Tanpa batasan usia

Yah, untuk ikut Adsense memang harus 18 tahun minimal. Tetapi, berbisnis online tidak perlu harus 18 tahun. Saya tahu anak – anak SMP ada yang menjual casing HP. Atau banrang – barang lainnya secara online.

Bahkan, bisnis online ini bisa diikuti para pensiunan. Setelah waktu kantor menjadi lenggar, waktu untuk produktif di bidang lain ada. Misalnya saja, membuat butik baju. Mereka, jika serius, pada akhirnya akan beriklan di Google.

  • Bebas dari semua negara

Anda bisa posting di website dari Amerika. Bisa juga dari kota lain. Atau saat mengunjungi saudara di luar pulau.

Anda juga bisa menggunakan Bahasa Inggris untuk mendapat iklan Adsense yang lebih mahal. Nilai klik Adsense berbahasa Inggris, Jepang atau beberapa bahasa lainnya lebih besar dari iklan Indonesia. Tentunya, hal ini karena jumlah pembayaran yang berbeda di setiap negara tergantung tingkat ekonomi.

Nah, Anda, bisa mengikuti Adsense berbahasa asing. Untuk pasar di negara asing itu. Jika Anda bisa lancar menulis dengan bahasa mereka.

Jika berhasil, Anda bisa mendapat iklan bernilai lumayan untuk ukuran orang Indonesia.

  • Bebas waktu

Ingin bekerja mulai jam 5 pagi supaya siangnya bisa jalan – jalan? Boleh saja. Atau meneruskan pekerjaan hingga malam untuk “jatah” pekerjaan besok?

Mungkin, besok Anda mau pergi ke pantai. Mungkin juga ada reuni sekolah. Atau undangan lainnya. Atau, sekedar ingin istirahat saja dihari itu. Bisa – bisa saja memilih jadwal kerja seperti itu.

Yang penting memang, kita tetap melakukan pekerjaan dengan fokus. Dan mencapai target.

  • Modal kecil

Yang paling murah, membeli nama domain untuk blog gratis dari Blogspot. Nilainya sekitar 130 ribu sd 160 ribu rupiah. Berlaku untuk 1 tahun.

Dengan modal ini, Anda sudah bisa menulis 1 tahun dengan murah. Modal internet bisa ke perpustakaan. Anda pasti tahu setiap perpustakaan di kota besar kini punya wifi.  Dan, ada juga yang wifinya cepat.

Untuk membuat situs yang baik, ada banyak template atau desain yang bisa didownload dengan mudah. Tanpa biaya dan tinggal pakai.

Untuk fasilitas, yang grtis yang cuma standar. Tetapi, itupun sebenarnya cukup untuk mengikuti program Adsense. Karena, Adsense lebih memperhitungkan kualitas konten daripada fitur dan tampilan.

  • Menulis sesuai passion atau kemampuan

Bekerja demngan passion akan menghasilkan karya yang lebih baik. Silahkan menulis yang sesuai passion Anda. Atau, yang Anda kuasai. Misalnya, Anda seorang guru, bisa menulis tentang pelajaran Anda. Jangan dianggap anak didik tidak akan mencarinya. Bahkan, Anda juga berpeluang membuka kursus dengan dengan memeri pengumuman di website. Anda memberi kursus.

Siswa yang pernah mengunjungi situs Anda pastinya akan lebih tertarik. Dan percaya bahwa Anda mampu membantu meningkatkan nilai mereka.

Cara Mendaftar Adsense

Anda sebaiknya memiliki website dengan nama domain berbayar. Nama .com atau .co.id. Jangan nama domain gratisan seperti: abcdr.blogspot.com.

  • Nama domain TLD / Top Level Domain

Jika menggunakan Blogspot, minimal Anda membeli nama domain ini. Harganya, untuk domain .com adalah hingga 160 ribu setahun.

  • Mendaftarkan Website

Yang pertama, tentunya mendaftarkan website di Google Adsense. Caranya dengan membuat email baru. Atau mendaftarkan email baru.

Kita mengisi kolom dengan data yang benar. Ingat, data – data ini akan dicek pihak bank yang nantinya memberikan pembayaran ke kita.

  • Memasang iklan

Setelah membayar, kita akan diminta memasang iklan di website kita. Mereka, Google ingin melihat hasil tampilan iklan mereka di situs kita. Jika syarat dipenuhi dan tampilan iklan sesuai, maka akan diijinkan.

  • Google Review

Google akan melakukan review. Melihat situs kita. Nah, pada bagian ini, situs kita tidaklah harus sudah besar. Atau banyak pengunjungnya. Tetapi, kualitasnya sesuai standard mereka.

Google akan melihat apakah semua sudah dipenuhi. Misalnya soal penempatan iklan, soal, ukuran iklan, soal konten dan lain sebagainya.

  • Iklan Aktif

Jika disetujui, maka iklan kita akan aktif. Dan ada pemberitahuan di email. Saat saya mendaftar adsense dahulu, waktu tunggu dari review ke aktif sekitar 2 sd 3 hari. Ini sudah bertahun lampau. Tahun ini saya tidak tahu karena tidak boleh mendaftar 2 kali dengan alamat KTP yang sama.

  • Verifikasi Alamat

Setelah hasil iklan mencapai 10 dolar, akan ada surat seperti kartu pos. Isinya nomor PIN atau Personal Identification Number.

Surat ini dikirim ke alamat kita. Kita perlu mengisinya ke kolom yang disediakan di adsense.

Inilah cara Google melakukan verifikasi alamat. Dengan mengirim surat fisik berisi PIN. Tetapi data PIN dimasukkan secara online.

Setelah itu, kita tinggal posting teratur. Dan menunggu jumlahnya mencapai 100 dolar untuk dibayar. Jika bulan ini 100 dolar, maka kita akan menerima pembayaran akhir bulan depan.

Tips Supaya Blog / Website Diterima di Google Adsense

  • Memenuhi aturan Google Adsense

Apa saja aturan Google? Banyak sekali. Bisa dibaca langsung di aturan TOS mereka. Ingat soal gambar selebaran di dinding rumah seperti saya gambarkan di depan? Banned Adsense bisa terjadi karena masalah seperti itu. Sebaiknya, aturan Google ini dibaca betul satu persatu. Dan, dibaca lagi setiap ada update ( dikirim ke email ).

Selain aturan larangan, juga ada peraturan soal kualitas. Soal kualitas ini tidak ada panduan harus seperti apa. Tetapi, menurut yang saya lihat, konten harus bermanfaat. Artinya, lengkap, dan memang bisa diaplikasikan.

Jika konten hanya sedikit, hanya 400 kata. Juga tulisan ala kadarnya, maka biasanya akan kena banned. Atau, nilai klik juga kecil.

  • Tulisan / konten original

Original bukan berarti tidak ada orang lain yang punya. Tetapi, kita ambil sudut pandang kita sendiri.

Misalnya saja, situs berita itu beritanya mirip. Tetapi cara penulisan dan bahasa bisa berbeda. Mereka, semua bisa hidup dan bisa menggunakan Adsense di situs mereka.

  • Sebaiknya kontennya panjang

Anda boleh tidak percaya. Aturan asli di Adsense hanya beberapa ratus kata saja untuk 1 artikel. Tetapi, buatlah melampaui 1000 kata untuk setiap artikel. Ini pengalaman saya.

Ya, jangan dipanjang – panjangkan tidak jelas. Tetapi buatlah secara lengkap. Gampangnya dibuat sebagai “One Stop Shopping” konten.

Website dengan artikel pendek lebih rentan kena banned Adsense. Yang lebih panjang juga cenderung lebih aman.

  • Jangan di tema yang dilarang

Berbagai tema yang, kita merasa tidak nyaman jika ketahuan melihat situs dengan tema itu. Misalnya judi dan sebagainya.

Juga, dibeberapa negara tertentu ada larangan untuk rokok, minuman keras dan sebagainya. Kita lihat lagi aturannya dengan detail. Jangan berasumsi. karena aturan bisa berubah.

Kemarin kata orang begini, sekarang bisa begitu. Anda harus mau membaca aturan yang panjang itu. Sayangnya, meskipun membosankan.

  • Jangan di tema yang Anda akan banyak copy paste gambar atau sumber media dari orang lain

Jika sumber gambar Anda di web harus copas, mohon dibatasi. Hal ini menyulitkan dikemudian hari. Juga mengurangi kesan konten original yang ada. Google, bisa melihat suatu gambar atau video pernah diupload oleh orang lain sebelumnya.

Ada algoritma untuk melihat warna, dan sebarannya dan mencocokkannya dengan yang sudah mereka miliki di database. Jika gambar kita copy paste semua, pastinya juga menyulitkan untuk mendapat rangking bagus di ahsil pencarian juga.

  • Jangan menggunakan konten dengan hak cipta

Jika dilaporkan, Adsense bisa langsung kena banned. Jika terbukti laporannya. Maka, hindari semaksimal mungkin.

Gambar dengan hak cipta itu banyak. Misalnya di bidang fashion. Bidang gaya rambut, tattoo dan juga seni lainnya. Fotoghrafi, desain dan sebagainya.

Selain gambar atau media, hindarkan menggunakan konten tulisan dengan hak cipta.

Rawan, bisa kena banned Adsense dan situs web kita sekaligus.

Pembayaran Adsense

Google Adsense ini membayar dengan baik ke kita. Pembayaran mereka disiplin tanggalnya. Jika pembayaran pertama tanggal 23, maka setiap bulan akan di tanggal 23.

Unruk menerima pembayaran, kita bisa menggunakan rekening bank. Saya sendiri masih dengan Western Union di kantor Pos.

Jika hasil adsense sudah mencapai 10 dolar, akan ada PIN yang dikirimkan. Jika sudah mencapai nilai minimal 100 Dolar, maka akan dikirimkan.

Misal, tanggal 3 januari laporan penghasilan kita pada Desember 130 dolar. Maka pembayaran dilakukan pada bulan Februari. Mundur 1 bulan dari hasil Adsense yang terakhir.

Bulan yang terlewat itu, digunakan untuk verifikasi. Apakah kita melanggar TOS atau tidak.

Yang harus diingat, laporan penghasilan ini belum dianggap final. Karena masih dihitung oleh komputer. Google perlu melihat kepatuhan kita dalam program ini. Jika patuh, maka angka itu dibayar. Jika dianggap tidak patuh, ya tidak dibayar atau banned.

Jadi, pembayaran adsense pertama, jika bulan pertama masuk 100 dolar, terjadi di bulan ketiga.

Bulan kedua sendiri, digunakan untuk verifikasi oleh Google.

Untuk pembayaran di bulan kedua, akan masuk pada bulan keempat. Dan begitulah selanjutnya.

Kunci Sukses Adsense

Ada beberapa kunci sukses untuk Google Adsense. Jika diterapkan, bukan saja kita lebih aman dari banned. Tetapi juga menghasilkan lebih banyak.

  • Mematuhi aturan Google

Aturan Google ini harus dipatuhi dahulu. Jika dilanggar, apapun yang kita lakukan selanjutnya tidak ada artinya. Adsense ini milik Google. Kita bergabung disana dan setuju mematuhi aturan mereka. sesederhana itu.

  • Menggunakan SEO

Salah satu kunci sukses website adalah pengunjung yang banyak. Hal ini bisa dipenuhi dengan teknik Search Engine Optimization atau SEO.

SEO ini juga gratis. Tidak berbayar. Tetapi, memang perlu proses untuk mendapatkan posisi di halaman pertama Google.

  • Menggunakan Kata Kunci yang tepat

Cobalah untuk masuk ke halaman depan Google dengan kata kunci yang terhitung mahal di bidang atau niche web Anda. Jika berhasil, maka iklan adsense yang ada juga cenderung mahal. Tambahan lagi, masuk halaman depan itu pengunjungnya juga banyak. Cocok dan untung dobel kan?

Jika kata kunci tepat, CTR atau jumlah klik iklan Adsene juga bertambah. Iklan yang keluar disana adalah iklan yang relevan dengan kata kunci. Makanya klik pengunjung juga bisa besar.

Nah, malah untuk triple atau tiga kali kan?

  • Kualitas konten

Kualitas konten kita minimal one stop shopping untuk artikel. Andaikata membuat web atau blog sekualitas majalah online belum mampu, tidak apa – apa.

Konten yang one stop shop tetap akan dihargai. Pengunjung juga cenderung kembali lagi.

  • Penempatan, jenis iklan dan jumlah iklan di website

Penempatan iklan sangat menentukan jumlah klik. Dahulu, iklan ditempatkan pada bagian yang loading paling awal di website. Istilahnya “Above the Fold.”

Tetapi kini, cara ini perlu diperhitungkan ulang. Google tidak menyukai iklan yang terlalu mencolok. Bahkan, memberi rangking web dengan iklan terlalu banyak atau mencolok dengan rangking rendah. Meskipun, masih mengijinkan iklan ditayangkan.

Untuk detailnya, Anda bisa membaca di TOS Adsense.

Jadi, tetap diperhitungkan bahwa ukuran iklan tidak terlalu besar. Pengalaman saya, 20% dari area “Above the Fold” adalah area maksimal untuk iklan. Apapun iklannya, Adsense atau bukan Adsense.

Oh ya, angka 20 persen ini tidak ada di TOS. Tetapi pengalaman saya saja setelah mencoba – coba. Iklan dengan luas area dibawah 20% di area tadi, cenderung tidak kelihatan mengganggu secara visual.

Untuk membuat iklan yang baik, perlu juga mempertimbangkan warna. Warna text judul, warna border warna link. Termasuk jenis iklan, gambar, text atau link unit dan sebagainya.

Semua disesuaikan dengan layout, konten, warna dan hal lain di web kita.

  • Menggunakan Google Analytics

Google Analytics memberikan gambaran siapa pengunjung kita. Datang darimana. Apa kata kunci yang digunakan. Juga halaman mana saja yang terbanyak menghasilkan pengunjung.

Dan, masih banyak informasi lain. Jadi, dengan data diatas, ada data apa saja yang perlu diperbaiki. Data ini datang langsung dari Google lho. Gratis dan akurat.

  • Website Cepat dan responsif gadget

Kecepatan website kini sangat penting. Website cepat pasti mendapat rangking lebih baik di pencarian Google jkika semua faktor lain sama.

Hal sama berlaku dengan website responsif gadget. Jika tidak responsif gadget, rangking situs di Google lebih rendah. Juga, website kurang nyaman dibuka di HP atau gadget kecil lainnya.

Berapa Penghasilan Adsense?

Tergantung pada beberapa hal.

  • Bahasa

Situs web berbahasa Jepang atau Inggris akan mendapatkan uang lebih besar. Ya, karena iklan mereka lebih mahal dibanding iklan Indonesia.

  • Kata kunci

Bagaimana pengunjung sampai di situs Anda. Jika lewat kata kunci yang bid nya kecil, maka hasil klik juga kecil. Yang ini tergantung SEO Anda.

Juga, tergantung apakah yang mengklik iklan orang yang satu wilayah dengan pengiklan. Jika iya, maka nilai klik juga lebih besar.

  • Apakah Anda menghilangkan situs dengan nilai klik kecil atau tidak

Ada beberapa situs, misalnya situs – situs ecommerce terkenal yang nilai kliknya kecil. Mereka beriklan dengan dana minimal. Karena mereka sudah terkenal dan hanya sekedar bisa tampil saja.

Ada juga situs lainnya. Sayangnya, kita tidak bisa selalu tahu mana situs dengan klik kecil.

Cara Mencari Uang Gratis di Internet

  • Karena sekarang jaman internet

Karena milyaran orang sudah online.

  • Karena Google Adsense membayar. Tapi masuknya murah

  • Faktor kunci Adsense adalah jumlah pengunjung atau traffik

  • Perlu konten berkualitas

  • Harus mematuhi aturan Adsense dan kebijakan Google lainnya

Kesimpulan

Google Adsense sampai sekarang masih relevan. Kita masih bisa mencari uang dengan Google Adsense. Dan juga bisa hidup untuk sehari – hari atau membeli sesuatu. Tetapi, memang ada hal – hal yang harus diperhatikan dan dilakukan juga.

Bahkan, Adsense untuk Indonesia kini semakin mahal harganya.

Intinya, jika kita bekerja, maka kerjakan sebaik mungkin. Pekerjaan ini sudah mengambil waktu kita. Karenanya, layak kita kerjakan dengan sebaik – baiknya. Salam sehat dan sukses selalu!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda membutuhkan jasa pembuatan website ? segera saja kontak lawang techno, lejitkan omset usaha anda dengan website dan rasakan ledakan profit bisnis anda

News Feed