by

Cara Memulai Bisnis Online

-Bisnis-181 views

Ada 170 juta lebih orang Indonesia online. Bisnis online sendiri sebenarnya lebih seperti bisnis biasa. Tetapi, juga sekaligus berpromosi di internet.

Nilai bisnis internet di Indonesia juga sangat besar. Pada tahun 2018 mencapai 27 milyar dolar. Dan, diharapkan tumbuh menjadi 100 milyar USD pada tahun 2025.

Berpromosi di Internet

Internet juga bisa menjangkau semua kalangan. Semua tempat dan tidak terpengaruh oleh jarak.

Berpromosi jasa aplikasi misalnya, bisa langsung berpromosi ke Vietnam, Malaysia atau negara lainnya.

Untuk Indonesia sendiri, kondisi negara kepulauan juga cocok dengan internet. Kita mudah menjangkau jarak jauh dan pulau – pulau lain di nusantara.

Manfaat lainnya adalah biaya promosi yang lebih kecil. Sesuai sifat internet, kita bisa menjangkau semua negara dengan biaya yang relatif sama. Bagi usaha pribadi atau usaha kecil, maka jangkauan ini menjadi sangat penting. Pasar luas dengan biaya promosi kecil. Ini adalah kombinasi yang baik dan menguntungkan.

Belum lagi, jika layanan kita bagus. Pengalaman yang baik oleh pelanggan akan meningkatkan review. Review yang bagus akan membuat orang lain lebih tertarik menjadi pelanggan.

Tetapi, sebalikanya jika terjadi berita buruk. Maka banyak orang akan segera tahu. Karena itulah, ada baiknya membaca strategi dari para pakar internet marketing. Terutama untuk menghadapi bad review.

Cara memulai bisnis online yang efektif

Bagaimana caranya supaya bisnis online menjadi efektif. Jawabannya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

  • Memiliki website

Website adalah jendela dunia digital. Tamnpa sebuah website, maka bisnis tidak tampil sempurna di dunia online. Media sosial bisa saja dibuat. Tetapi, identitas independen seperti website tidak.

Lagipula, semua platform memiliki pengguna sendiri – sendiri. Website, biasanya dibuka oleh para pengguna Google. Google, punya kecenderungan menampilkan hasil pencarian berupa situs website. Dibanding, dengan menampilkan akun media sosial.

Untuk memiliki website, saat ini juga cukup mudah. Kita membeli nama domain dan juga menyewa server. Mungkin untuk 1 tahun atau 2 tahun.

Nama Domain

Nama domain ini juga dikenal dengan nama dot com. Merupakan identitas online kita. Misalnya, niagapos.co.id. Nama domain adalah niagapos. Nama ekstensi co.id yang merupakan ekstensi bisnis / perusahaan khas Indonesia.

Server Hosting

Hosting adalah sebuah server hosting. Manfaatnya untuk menempatkan data website kita dan juga supaya bisa tampil online 24 jam.

Server hosting ini adalah komputer server juga. Isinya banyak website atau aplikasi. Yang dilengkapi sambungan internet 24 jam. Hal ini tujuannya supaya data – data disana bisa diakses secara online.

Kita, sebenarnya bisa membuat server sendiri. Dengan komputer PC sendiri. Dan, kita onlinekan di internet. Tetapi, cara ini mengharuskan kita menyalakan PC tersebut 24 jam. Dan juga selalu tersambung ke internet.

Daripada repot, lebih enak jika menyewa hosting saja. Disana, servernya memang sudah ditujukan untuk komersial skala besar.

Membuat Website

Membuat website. Bisa membuat sendiri dengan platform dari WordPress. Ini adalah cara termudah membuat website sendiri. Di WordPress, ada pilihan ribuan templat atau desain yang tinggal dipakai. Kita tidak repot membuat dari nol.

Website ini juga paling fleksibel dari semua platform. Anda bisa menjadikan website menjadi sekeren “majalah online.”

Saya mengetahui ada website milik bengkel. Website ini isinya review kendaraan, tips memperbaikai serta merawat kendaraan.

Pengunjungnya? Banyak! Jadi, pengunjung ini juga suka berkunjung ke bengkel bersangkutan. Itu karena konten website ini menarik bagi pengunjung. Juga membuat mereka percaya bahwa bengkel pemilik situs ini adalah bengkel yang baik.

  • Menggunakan dan membangun media sosial

Media sosial di Indonesia sangat penting. Masyarakat sangat akrif di media sosial di Indonesia. Karena itulah, kita harus memiliki akunnya.

Facebook

Facebook adalah pemilik IG. FB adalah medsos lama tetapi masih efektif untuk menjual. Kita bisa menggunakan grup penjualan produk tertentu. Bisa juga membuat halaman FB khusus untuk bisnis kita.

Instagram

Di Indonesia, pengguna Instagram mencapai nomor 3 dunia. Angka ini hanya kalah dari USA dan Brazil. Jika melihat sambungan internet yang lebih terbatas, angka nomer 3 dunia ini cukup luar biasa.

Instagram adalah platform visual. Platform visual mudah untuk dicerna. Sekali melihat gambar, biasanya kita mudah mengerti.

Instagram yang berbasis visual juga memiliki engagement yang lebih besar dari lainnya. 4,21%. Facebook dan Twitter hanya mendapatkan 0,1% saja.

Selain itu, iklan Instagram dianggap tidak mengganggu user. Untuk Indonesia sendiri, Instagram itu penggunanya selalu bertambah setiap hari. JugaInstagram biasanya terhubung dengan Facebook. Karenanya, jika beriklan. Kita akan lebih mudah melihat profil target kita.

Untuk menjual di Instagram, ada beberapa cara untuk melakukannya.

  • Cara Menjual di Instagram

  • Membuat akun bisnis

Usahakan membuat akun terpisah dengan akun pribadi. Ada yang disebut sebagai Instagram fo Business. Ini yang kita manfaatkan.

  • Membuat nama akun mudah diingat

Supaya orang tidak lupa setelah membuka atau membeli.

  • Posting berkala

Posting berkala supaya akun terlihat hidup. Juga perlu posting sesuai momen emas.

  • Membuat hashtag relevan

Menggunakan hastag sesuai dengan bisnis kita.

  • Menjawab pertanyaan follower / responsif

Akun responsif lebih disukai daripada akun pasif. Jika respon lama, maka calon pembeli cenderung malas membeli. Mengira alyanan akan lambat juga.

  • Menggunakan Instagram Story

Kita bisa memasang iklan di fitur ini. Insta Story cenderung lebih menarik bagi konsumen.

  • Iklan Foto dan Video

Beriklan dengan foto atau video. Beriklan di Instagram tidak bisa menggunakan text. Text adalah iklan yang baik untuk Google Ads. Tetapi di IG harus visual.

  • Menyewa atau berkenalan dengan selebgram

Selebgram memiliki banyak follower. Dan, dilihat banyak orang juga. Karenanya berpromosi melalui mereka akan lebih mudah terkenal.

  • Memahami Facebook Ads / IG Ads

FacebOOk Ads dan Instagram Ads saat ini menjadi penting. Jika sekedar posting, maka biasanya kita kalah dibanding mereka yang beriklan. Iklan mereka akan sampai kemana – mana. Ke audience yang mereka targetkan.

Tetapi, sekedar posting di akun pribadi atau bussiness biasanya kurang jangkauannya.

Instagram Ads

Untuk membuat iklan di IG, pastikan kita menggunakan Call To Action atau CTA. Dan, terhubung juga dengan WA atau telepon kita.

Facebook Ads

FB Ads dibuat berdasar ketertarikan audience. Iklan kita kita pilih supaya ditayangkan ke orang yang kita anggap suka atau tertarik / butuh produk kita. Pemilihannya berdasarkan gender atau lokasi atau kriteria lainnya.

Untuk biayanya, kita bisa memilih dengan biaya perhari.

  • Memahami Google Adwords

Meskipun penggunanya banyak, berpromosi di medsos lumayan sulit. Yang paling sulit adalah, memperkirakan siapa tertarik atau membutuhkan apa.

Kita bisa berasumsi orang yang pernah ke Bali pasti tertarik dengan rental mobil kita di Bali. Sayangnya tidak begitu.

Untuk Google Ads, iklan ini berdasarkan kata kunci. Pencari yang mencari sendiri dengan kata kunci pilihan.

Mereka yang mengungkap kebutuhan ke Google. Misalnya, guest house murah di Bali. Google akan memunculkan guest house. Bukan rental mobil di bali. Bukan juga iklan diving di bali.

Selain itu, Google juga tidak memunculkan hasil pencarian guest house di Jakarta. Karena itulah, beriklan berdasar kata kunci ini jauh lebih akurat. Tingkat konversi atau penjualan kita akan menjadi jauh lebih tinggi.

Iklan kita muncul dan relevan dengan keperluan pengunjung atau pencari.

Tetapi, melakukan setting iklan di Google yang baik lebih banyak settingnya. Tentu jika dibanding setting iklan di IG dan FB.

Juga, bagi pemula mungkin terasa lebih kompleks. Meskipun begitu, karena banyak yang bisa diatur, iklan kita juga bisa jauh lebih akurat.

Di FB dan IG, kita hanya bergantung Interest dan demografi. Di Google, berdasar kebutuhan para pencari.

Kesimpulan

Usaha apapun, kini harus memiliki kantor online. Website adalah bentuk kantor online yang paling lama dan paling fleksibel penggunaannya. Tetapi, IG dan FB juga merupakan platform media sosial yang harus dikembangkan. Baik sekedar hadir dan menjaga image perusahaan. Bisa juga untuk berpromosi. Terutama, bagi Usaha kecil dan menengah. Salam sehat dan sukses selalu!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda membutuhkan jasa pembuatan website ? segera saja kontak lawang techno, lejitkan omset usaha anda dengan website dan rasakan ledakan profit bisnis anda

News Feed