by

Apa Saja Sih, Keuntungan dan Kerugian Reksadana bagi Investor?

-Bisnis-181 views

Minimal, ada 10 keuntungan dan kerugian berinvestasi di reksadana bagi investor. Ya, memang ada kerugiannya. Tapi bisa untung jika dilakukan dengan baik.

Reksadana sendiri sebenarnya sudah lama ada di Indonesia. Tetapi, tetap saja belum populer. Mungkin, karena faktor resiko yang terbilang lebih besar. Tentunya dibanding dengan apa yang disebut sebagai “investasi” lain. Misal membeli emas atau tanah. Juga, dibanding dengan menyimpan deposito.

Selain itu, ada juga berita investasi bodong atau lainnya. Masayrakat semakin takut lagi.

Tetapi, reksadana ini juga tidak butuh modal besar sebenarnya. Selain itu, ada lagi beberapa keuntungannya:

Keuntungan berinvestasi reksadana

Untuk awalnya, kita memberikan keuntungan dalam berinvestasi reksadana.

  • Keuntungan relatif tinggi

Nilai keuntungan reksadana, bisa mencapai hingga 20% untuk 1 tahun. Jumlah ini lumayan besar. Jika dibanding tabungan, angkanya lumayan.

Biasanya, reksadana juga digunakan untuk berinvestasi untuk dana pensiun atau dana pendidikan. Itu karena ada kesempatan jangka panjang untuk mendapatkan keuntungan.

  • Resiko disebar ke berbagai portofolio

Reksadana itu adalah kumpulan berbagai portofolio. jadi, mungkin ada berbagai macam saham. Atau, saham dan surat utang atau juga mata uang.

Yang penting, tidak terjadi resiko harga jatus secara bersamaan. Karenanya akan lebih aman. Jika hanya membeli 1 macam saham, harganya bisa turun banyak juga.

Penyebaran dana investasi ini sulit dilakukan investor pribadi. Karena, harus mengeluarkan banyak uang.

Nah, reksadana ini uang yang diputar juga milik banyak orang / investor. jadi, akan lebih optimal mengelola resiko.

  • Yang mengelola manajer investasi profesional

Investor pribadi mungkin kekurangan waktu untuk belajar. Membuat analisa dan melakukan transaksi sendiri. Karenanya, jika diserahkan ke profesional, maka hasilnya bisa lebih baik.

  • Investasi kecil dan murah

Investasi reksadana bisa dimulai dari nilai Rp. 10.000 rupiah. Anda tahu dimana mendapatkannya? Di suatu ecommerce terkenal.

Yang lain, menawarkan harga 100 ribu. Jika amsih khawatir, bisa mencoba yang kecil ini beberapa waktu. Dan, lihat sendiri hasilnya. Apakah manajer investasi mereka bagus atau tidak.

  • Transaksi online

Saat ini, transaksi reksadana dilakukan dengan online. Ini kemudahannya. Bahkan, untuk beberapa platform, biaya investasi reksadana bahkan gratis.

Kerugian investasi reksadana

Setiap investasi, pasti memiliki resiko tersendiri. Termasuk reksadana.

  • kerugian investasi

Kerugian ini termasuk turunnya nilai saham atau lainnya. Misal, di musim corona ini, secara umum reksadana juga tertekan. Itu karena harga – harga saham hampir semua jatuh. Juga, instrumen investasi lain.

  • Biaya investasi

Ada biaya untuk manajer investasinya. Untuk perusahaan pengelola dan biaya – biaya lain. Karena itulah sudah pasti mengurangi keuntungan.

  • Pencairannya perlu waktu

Anda bisa mengambil tabungan kapanpun. Tetapi, reksadana tidak bisa dicairkan kapanpun. Rekasadana perlu waktu antara 3 sd 4 hari sebelum bisa dicairkan.

  • Penutupan reksadana

Jika ternyata jumlah dana yang dikelola dibawah batas minimal, maka reksadana bisa ditutup oleh otoritas.

Meskipun reksadana ini kecil resikonya, nilai dana juga bisa turun. Ya, kecil juga sih peluangnya. Tetapi tidak berarti tidak ada.

  • Wanprestasi oleh manajer investasi

Ada peluang juga manajer investasi tidak bekerja dengan benar. Memilih manajer investasi yang baik sangat penting. Melihat sejarah mereka menjadi hal yang harus dilakukan jika berinvestasi sekarang.

Kesimpulan

Reksadana merupakan pilihan investasi yang cukup murah. Dan, beresiko relatif rendah. Tetapi, tetap berprotensi lebih untuk daripada tabungan. Semoga bermanfaat dan salam sehat dan sukses selalu!.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda membutuhkan jasa pembuatan website ? segera saja kontak lawang techno, lejitkan omset usaha anda dengan website dan rasakan ledakan profit bisnis anda

News Feed