by

10 + Cara Terbaik Mendapatkan Penjualan Pertama di Toko Online Anda

-Bisnis-264 views

Bagaimana mendapatkan penjualan pertama di toko online? Bagaimana berpromosi yang tidak engganggu customer? Tetapi, mampu menjnagkau banyak orang.

Ini adalah artikel yang pertama kalinya ditulis oleh Hanley Wing. pendiri Buzzumo.com. Ia memneliti dan membuat analisa pada 100 juta artikel di internet. Dan, menemukan mengapa ada artikel yang mendapat share jauh lebih besar dibandingkan lainnya.

Pertanyaannya, apa saja yang menyebabkan social share menjadi lebih besar.

10 + Cara Terbaik Mendapatkan Penjualan Pertama di Toko Online Anda

Apa faktor share yang banyak terjadi pada konten kita.

  • Konten Panjang lebih banyak di share daripada yang pendek

Konten yang panjang, juga yang baik akan lebih banyak di share. Mengapa? Sebenanrnya, kita sendiri suka membaca yang bagus dan detail. Jika kita bisa membuat konten kita lebih detail, maka lebih baik dibuat lebih detail.

cara meningkatkan share konten

 

Jika menjelaskan sesuatu di artikel, lebih baik dijelaskan dengan detail juga. Anggap saja, pembaca baru mengetahui hal semacam ini pertama kalinya. Ya, kecuali untuk hal yang sudah umum.

Yang paling banyak di-share, ternyata konten dengan jumlah kata sekitar 3000 hingga 10.000. Banyak kan?

Jumlah share konten ini, bisa mencapai 16 kali lebih banyak dibanding konten 1000 kata saja.

Tips: Tulis artikel minimal 2000 kata.

  • Ada setidaknya 1 gambar di posting

Menggunakan setidaknya 1 gambar di konten. Gambar di konten terbukti meningkatkan keterlibatan para pembaca. Jika Anda mau, bisa membuat infografis sendiri.

Bahkan, menurut statistik Buzzumo, konten dengan gambar share nya hingga 2 kali konten tanpa gambar. Ini jumlah yang besar sekali.

  • Ada setidaknya 1 gambar di Twitter

Untuk twitter, postingan menggunakan gambar lebih disukai. Mungkin Anda tidak heran. Memang sejak dahulu sering konten di Twitter yang viral menggunakan gambar.

  • Memiliki sisi emosional yang sesuai dengan pembacanya

Atau konten yang memberikan inspirasi, membuat tertawa atau menghibur. Secara umu, ini perbandingan konten yang paling banyak dibagikan.

  • Konten memberi inspirasi (25%)
  • Konten yang lucu membuat tertawa (17%)
  • Konten hiburan (15%)
  • Konten senang – senang 14%

Ini adalah hasil dari penelitian 10.000 konten yang paling banyak di-share. Penelitiannya oleh pendiri Buzzumo.com.

cara membuat konten terkenal

 

Selain konten – kontan diatas, ada juga alasan lain membagi konten. Misalnya, narsis. Jika ikut kuis tentang kepribadian, atau tentang IQ, mungkin akan dibagi di FB.

Sebenarnya, oarng lain mungkin tidak peduli dengan hasil yang kita dapat. Tetapi, bagi kita mungkin penting menunjukkan bahwa kita begini atau begitu.

Sekarang, salah satu bukti saja. quiz merupakan salah satu yang paling banyak dibagikan. Dan kuiz paling terkenal untuk dibagikan adalah:  “What Career Should You Actually Have.”

Anda pasti tahu kemana arahnya kan? memang, menunjukkan jatidiri atau narsis seperti ini paling banyak pengikutnya.

Ingin menebak, apa lagi quizz yang sering kita ikuti dan bagi? Pastinya, sadar atau tidak sadar, kita mengikuti kuizz seperti ini. ( Kuis ini digunakan oleh Buzzfeed )

  • What Career Should You Actually Have?
  • What State Do You Actually Belong In?
  • How Y’all, Youse and You Guys Talk
  • What City Should You Actually Live In?
  • Which Decade Do You Actually Belong In?

Selain kita juga tertarik dengan kontennya, tetapi ingin narsis juga dengan membaginya dengan yang lain.

Bagi kita, kita bisa menggunakan formula ini untuk menulis konten kita.

  • Berisi daftar – daftar dan juga infografik

Daftar – daftar dan infografik seperti yang dilihat di atas sangat menyenangkan untuk dilihat. Sekali baca / lihat sudah tahu inforasinya.

Untuk artikel, cobalah dimulai dengan artikel jenis yang paling disukai. Seperti:

  • Infographic  ( hampir 15 K share )
  • Daftar ( sekitar 11K share )
  • Artikel “Mengapa” ( judulnya dimulai dengan “Mengapa” ) ( sekitar 7,5K share )
  • Artikel “Apa” ( Judulnya “Apa”) ( sekitar 6,5K share )
  • Artikel How-To ( sekitar 6K share )
  • Video ( sekitar 5K share )

Ada alasan mengapa infographik menag sebagai artikel paling banyak dibagikan. Kita merasa bisa mendapat informasi dengan sekali lihat saja. Sekilas dan terbaca semua keterangannya tanpa membaca. ( maunya sig begitu ). Tetapi, inilah kenyataannya.

Kesederhanaan informasi dan cara penyajian info yang kompleks menjadi keunggulan. Belum lagi, jika Anda membuat infografik dan ada watermark situs Anda. Akan membuat situs Anda, atau IG menjadi lebih cepat terkenal.

Listicle atau daftar juga sangat disukai. Bahkan, bagi Google, konten dengan daftar juga cenderung bagus rangkingnya di pencarian.

Daftar ini sangat berguna bagi pengunjung untuk melihat dan membandingkan secara cepat.

Untuk artikel Why atau mengapa, lebih sedikit. Tetapi, tetap saja termasuk yang paling banyak. Banyak orang ingin tahu alasan tertentu. Atau hukum alam tertentu.

Untuk video, mungkin lebih menarik saat dilihat. Tetapi, makan kuota internet. Jadi, termasuk yang ada diakhir.

Jadi, kita membuat konten, pastikan sederhana untuk dibaca.

  • Daftar 10 besar

10 besar selalu menarik perhatian orang. Jaman dahulu, sebelum internet banyak. Kita dikuasai media mainstream. Kita mendengan Bilboard top 10. Sekarang, kita bisa memilih apa yang kita suka setiap hari lewat internet.

Tetapi, bagaimanapun, mengetahui daftar 10 besar tetap menyenangkan. Misalnya, 10 aplikasi pembuat video terbaik di Android.

Anda tahu, konten dengan 10 besar ini bisa mendapat share hingga 4 kali lebih banyak dibanding kontan lainnya?

  • Konten yang terlihat dipercaya lebih banyak share nya

Konten dengan bio penulis yang jelas identitasnya lebih banyak di share. Pastinya, orang akan menganggap orang yang mau mengungkap identitas lebigh kredibel. Juga bisa lebih bertanggung jawab daripada anonim.

Tetapi, konten di FB dan twitter tidak perlu mencantumkan bio penulis. Ya, biasanya di FB atau Twitter, identitas yang jelas sudah cukup.

  • Menggunakan influencer

Bagaimanapun, jika di bagi oleh influencer, maka effect nya akan bertambah. Bisa multiplier effect. Influencer yang pengikutnya banyak, konten yang dishare akan dibagikan lagi oleh pengikutnya. Minimal, lebih mendapat perhatian.

Minimal, Anda bisa menghubungi orang yang kontennya di share 2 kali daripada dia melakukan share. Misal, membuat dan berbagi 100 konten. Dan, dibagi lagi 200 kali oleh orang lain.

Untuk menemukan influencer di bidang tertentu, bisa saja dengan mencari yang terkenal. Tetapi, jelas membayar mahal.

Alternatifnya.

Misal kita mencari konten Conversion Optimization. Kita akan post di Twitter.

Di situs Buzzumo, ada fitur untuk mencari artikel tema ini yang paling banyak di share. Rentang waktunya, 6 bulan terakhir.

Kita bisa melihat artikel ini dari situs mana, dan siapa yang membaginya.

Kemudian, kita cari orang yang retweet di twitter paling banyak.

Kita, kemudian harus berkenalan dan mendekati mereka. Memasukkan mereka di konten kita. Membuat quote, bertanya dan juga memberi link ke artikel mereka di artikel yang Anda tulis.

Jika mereka tertarik, mungkin mereka akan berbagi tentang konten Anda dengan follower mereka.

Cara lainnya.

Melakukan wawancara. Kita wawancarai seoran influencer. Hasil wawancaranya ada di web kita. Biasanya, mereka yang diwawancarai akan membagikan link posting kita dengan teman atau keluarga mereka.

  • Mempromosikan konten lama secara teratur

Konten lama biasanya akan menurun sharenya hanya dalam 4 atau 5 hari saja. Karena itulah, kita perlu mempromosikan ulang konten kita secara teratur.

Setelah 4 hari, penurunan share konten sekitar:

  • Facebook: turun 98.9%
  • Twitter: turun 97.4%
  • LinkedIn: turun 97.34%
  • G+: turun 96.7%
  • Pinterest: turun 96.7%

Jadi, setelah 1 minggu, suatu konten atau artikel akan muali kehilangan nafas. Setelah itu, 10 atau 11 hari kemudian, bisa Anda share ulang.

Secara data, memang belum ada yang meneliti kapan promosi ulang perlu dilakukan. Tetapi, setelah seminggu, tampaknya bisa dimulai lagi. Minimal, orang sudah mulai lupa apa yang mereka dapatkan minggu lalu.

Tentu saja, share ulang ini bermanfaat untuk konten bersifat “abadi.” Atau, bisa dibagi dan bermanfaat selamanya.

Tetapi, kita tentunya bisa juga memodifikasi konten menjadi konten baru. Mirip tetapi dengan beberapa ubahan supaya tidak bosan.

Meskipun begitu, konten temporer bisa juga dipromosikan ulang. Tetapi, bisa saja dengan modifikasi atau lainnya. Misal, melalui event yang berkaitan.

Atau, bisa juga sekedar mempromosikan uklang. Dan sekarang sambil minta masukan follower.

  • Hari terbaik membagi konten ada di hari selasa

Berdasar riset Buzzumo juga, hari efektif untuk berbagi konten adalah hari selasa. Ini adalah daftar yang mereka dapatkan.

Hari terbaik untuk berbagai di FB: Selasa
Hari terbaik untuk berbagai di  Twitter: Selasa
Hari terbaik untuk berbagai di  Linkedin: Senin
Hari terbaik untuk berbagai di  Pinterest: Senin

Alasannya? Wah, ini yang ternyata belum ada risetnya. Ditebak – tebak juga percuma. Alasan sebenarnya bisa jadi sangat berbeda dibanding tebakan kita.

Tetapi, bagaimanapun juga ini adalah data hasil akhirnya. Jadi, bisa dipergunakan.

Sekarang ini, menghasilkan penjualan pertama di toko online Anda bisa meniru cara – cara diatas. Bisa mengkombinasikannya dalam promosi atau pembuatan konten.

Kesimpulan: 10 + Cara Terbaik Mendapatkan Penjualan Pertama di Toko Online Anda

  1. Membuat konten yang menginspirasi, lucu atau menghibur

  2. Memancing sisi narsis atau sisi ingin tahu orang lain (seperti contoh kuis di atas. )

  3. Menggunakan konten panjang, detail dan lengkap

  4. Menggunakan infographic, daftar dan sebagainya

  5. Membuat sumber artikel atau konten Anda bisa dipercaya

  6. Memiliki gambar atau visual lainnya

  7. Menggunakan social metadata seperti Facebook preview image atau thumbnail

  8. Perlu bantuan influencer

  9. Promosikan ulang konten kita

  10. Selasa adalah hari dimana orang paling rajin berbagi konten

Ini adalah sedikit tips untuk mendapatkan penjualan pertama kali di toko online Anda. Semoga bermanfaat dan salam sehat dan sukses selalu!.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda membutuhkan jasa pembuatan website ? segera saja kontak lawang techno, lejitkan omset usaha anda dengan website dan rasakan ledakan profit bisnis anda

News Feed